Lanjutan Resume Tugas DSS

Berikut ini adalah resume lanjutan tugas-tugas mata kuliah DSS. Tugas-tugasnya sih kebanyakan tentang ANP. Tugas-tugas DSS seberlumnya telah diposting pada blog ini beberapa waktu lalu.

Tugas 8 – Mencari Pengertian ANP,Mencari Jurnal ANP (Analytical Network Process) dan Resume Power Point

Tugas kali ini adalah mencari jurnal yang berhubungan dengan ANP dan juga mencari pengertian apa itu ANP serta segala pernak-perniknya. Berikut ini adlah beberapa hal yang berhubungan dengan ANP atau Analytic Network Process:

Analytic Network Process (ANP) adalah satu dari metode multiple criteria decision making (MCDM) yang dikembangkan oleh T. Saaty

Digunakan untuk memecahkan masalah yang bergantung pada alternatif-alternatif dan kriteria-kriteria yang ada.

ANP menggunakan perbandingan berpasangan pada alternatif-alternatif dan kriteria proyek

Kekuatan dari ANP yaitu adanya penggunaan skala ratio untuk mendapatkan semua jenis interaksi dan mengakuratkan prediksi untuk memperoleh keputusan terbaik

ANP adalah teori matematis pertama yang membuat metode ini memungkinkan kita menghadapi faktor-faktor dependence serta feedbacknya secara sistematik

Alasan keberhasilan metode ini adalah cara memperoleh keputusan dan menggunakan perhitungan untuk mendapat skala ratio.

Prioritas sebagai skala ratio adalah sesuatu hal yang mendasar dari angka untuk mengadakan perhitungan aritmatika dasar dengan menambahkannya dalam skala yang sama serta mengalikanya dengan skala yang berbeda yang berarti bagi ANP.

Kemudian jural yang mengaplikasikan ANP yang saya dapatkan berjudul: “An Applied Study of the Analytic Network Process to Assess Country Conditions for Korean Steel Exports”. Jurnal ini membahas mengenai bagaimana model Analytic Network Process (ANP) yang dikombinasikan dengan framework Michael Porter dapat digunakan untuk menilai kondisi pada negara-negara yang dipilih yaitu Brazil, India, dan Cina untuk ekspor baja Korea. Ketiga negara tersebut menjadi target ekspor korea karena memiliki pangsa pasar potensial untuk komoditi besi baja. Kemudian Porter’s diamond framework digunakan untuk menunjukan keuntungan kompetitif dari negara tersebut. Berdasarkan metode porter, kebijakan pemerintah dan peristiwa percobaan adalah 2 hal yang paling dimengerti yang memberikan dampak pada penentuan keputusan Kebijakan pemerintahan memberikan dampak pada faktor biaya dan kesediaan Sedangkan peristiwa percobaan dapat membangkitkan kembali struktur industri para kompetitor.

ANP yang digunakan terdiri dari 4 macam dimensi yang disebut hirarki kontrol, yaitu : benefits, opportunities, costs, risks, yang setiap dimensi tersebut merepresentasikan hubungan cluster dan elemennya. Hasilnya adalah Cina terpilih sebagai negara tujuan ekspor besi baja Korea karena memiliki kemudahan masuknya ekspor dan rendahnya biaya.


Tugas 9 – Membuat pengambilan Keputusan mengunakan metode ANP dengan memakai software Super Decision untuk kasus pada jurnal tugas 8.

Tugas kali ini adalah menggunaka sofware super decision untuk membantu pengambilan keputusan. Kasusnya adalah kasus pada jurnal tugas 8, yaitu pemilihan negara tujuan ekspor baja Korea. Terdapat tiga alternatif negara tujuan, yaitu Brazil, Cina, dan India. Langkah pertama adalah membuat model keputusan. Setelah itu dilakukan pembobotan terhadap setiap alternatif berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Dan akhirnya hasil dari pembobotan tersebut dapat disintesikan untuk melihat keputusan yang diambil. Hasilnya,adalah Cina terpilih sebagai negara tujuan ekspor baja Korea dengan presentase 43%.

Tugas 10 – Melakukan Pengambilan Keputusan Menggunakan Metode ANP dengan Super Decision

Pada tugas ini , saya mengambil tema kasus memilih sabun mandi dan juga memilih toko buku .

Pada kasus pemilihan sabun mandi, saya memilih tiga alternatif merk sabun mandi, yaitu: lux, lifebuoy, dan give. Kemudian kriteria yang saya gunakan ada 4 : Kualitas sabun, Kondisi Kemasan, Pemasaran, dan Lain-lain. Setiap kriteria memiliki sub-kriteria dan terdapat hubuangan antara sub-kriteria yang satu dangn sub-kriteria yang lain.

Setelah dilakukan pembobotan, maka terpilihlah sabun Lux dengan presentase sebesar 38%.

Untuk pengambilan keputusan pada kasus pemiliha toko buku, saya menggunakan 3 alternatif, yaitu Gramedia, Gunung agung, dan Kharisma. Kriteria yang digunakan adalah buku, pemasaran, fasilitas fisik, dan others.

Hasilnya adalah toko buku Gramedia terpilih dengan presentase cukup besar, yaitu 42%

Tugas 11 – Mencari Jurnal Mengenai Simulasi yang Dapat Menunjang Decision Making lengkap dengan Resume Power Point.

Pada tugas kali ini, jurnal yang saya daptkan berjudul “SIMULATION FOR POLICY EVALUATION, PLANNING AND DECISION SUPPORT IN AN INTERMODAL CONTAINER TERMINAL”.Jurnal ini berisi mengenai penggunaan simulasi pada suatu intermodal container terminal. Simulasi dilakukan pada terminal kontainer La Spezia (LSCT) di Itali. Kemudian dijelaskan pula mengenai kalibrasi dan validasinya.

Hasil kesimpulan dari model tersebut kemudian digunakan sebagai alat untuk memvalidasi alternatif kebijakan manajemen, seperti alokasi sumber daya dan kebijakan pengangkutan dan pembongkaran barang. Management dapat menggunakan kebijakan tersebut untuk perencanaan awal. Selain itu, dibahas pula mengenai desain dari decision suport system untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang sebenarnya.

Berikut ini adalah resume dari decision Support yang dapat dilakukan dari hasil simulasi tersebut:

Tujuan utama dari simulasi model ini adalah untuk menjadikan model ini sebagai alat untuk mengambil keputusan manajemen pada suatu decision support framework.Model validasi diarahkan secara spesifik untuk membangun keyakinan pada hasil dari model tersebut.Ketika para manajer memperoleh perasaan untuk kemampuan model dan keterbatasannya, mereka akan dapat menggunakan model tersebut untuk tujuan-tujuan yang berbeda, seperti evaluasi strategi alokasi ruang (bagaimana caranya mengatur kontainer-kontainer di yard berkenaan dengan skenario kedatangan kapal yang berbeda), evaluasi kebijakan sumber daya, dan evaluasi kebijakan L/U (Load/Unload).Data didefinisikan selalu tersedia pada waktu nyata ketika data ini merupakan penyajian yang baik berkenaan dengan batasan waktu yang diperlukan untuk mengambil keputusan. Pada kasus LSCT, interval sampel 24 jam sudah cukup untuk mengambil keputusan mengenai alokasi sumber daya.

Simulasi model tidak hanya dibutuhkan untuk menghasilkan kebijakn-kebijakan. Peran dari simulasi model adalah juga untuk menghasilkan forecast dari efek keputusan manajemen yang disarankan.

AKhirnya……UJIAN DSS

Ujian DSS dilakukan pada hari selasa kemarin….. Soal yang diberikan adalah mengenai model AHP yang telah dipersiapkan oleh semua mahasiswa. pada saat ujian, Pak Dachyar memeritahkan untuk menambahkan satu kriteria dengan bobot sekitar 30%. Waktu…. biasa lah…. 3 menit… Terus Hasilnya dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Pada uian ini alhamdulillah saya dapat melakukan hal tersebut dengan baik…. moga2 nilai akhir mata kuliah ini juga baik…amin..

5 Comments

  1. mantap banget kayaknya mas arief ne…
    btwms aq sekarang lagi mau buat skripsi tentang ANP neh.. kira2 klo mz punya artikel atau paper tentang apa itu anp, untuk apa itu anp, bagaimana aplikasinya n mengapa harus pakai ANP
    q butuh banget neh mz… q dikasih deadline sampe 2hari ne mohon bantuanya mz kirimin ke alamt email q.. makasih atas bantuannya sebelumnya.

  2. allow,,,,tolong donk penghitungannya dijabarin…thnx

  3. Alo..
    saya dedi..
    saya lg blajar model ANP,,tp krang anp yang saya cari…
    ada cth model anp beserta perhitungan ya.. ?
    krmin hyu_hyu_ne@yahoo.com..tks

  4. halo mas..
    bagus sekali mas….bahasannya.saya hendri….kbetulan lagi nyusun Tuga akhir tentang ANP juga….bisa saya minta no hp mas….ke email saya ???saya mau konsul ke masnya…terima kasih mas


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment

  • May 2008
    M T W T F S S
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031