Sejarah Punk……..

Punk merupakan sub-budaya yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir di awal tahun 1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik.

Gerakan anak muda yang diawali oleh anak-anak kelas pekerja ini dengan segera merambah Amerika yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para tokoh politik yang memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas yang tinggi. Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-lagu dengan musik dan lirik yang sederhana namun terkadang kasar, beat yang cepat dan menghentak.

Banyak yang menyalahartikan punk sebagai glue sniffer dan perusuh karena di Inggris pernah terjadi wabah penggunaan lem berbau tajam untuk mengganti bir yang tak terbeli oleh mereka. Banyak pula yang merusak citra punk karena banyak dari mereka yang berkeliaran di jalanan dan melakukan berbagai tindak kriminal.

Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker.

Punk juga merupakan sebuah gerakan perlawanan anak muda yang berlandaskan dari keyakinan we can do it ourselves. Penilaian punk dalam melihat suatu masalah dapat dilihat melalui lirik-lirik lagunya yang bercerita tentang masalah politik, lingkungan hidup, ekonomi, ideologi, sosial dan bahkan masalah agama.

Gaya hidup dan Ideologi

Psikolog brilian asal Rusia, Pavel Semenov, menyimpulkan bahwa manusia memuaskan kelaparannya akan pengetahuan dengan dua cara. Pertama, melakukan penelitian terhadap lingkungannya dan mengatur hasil penelitian tersebut secara rasional (sains). Kedua, mengatur ulang lingkungan terdekatnya dengan tujuan membuat sesuatu yang baru (seni).
Dengan definisi diatas, punk dapat dikategorikan sebagai bagian dari dunia kesenian. Gaya hidup dan pola pikir para pendahulu punk mirip dengan para pendahulu gerakan seni avant-garde, yaitu dandanan nyleneh, mengaburkan batas antara idealisme seni dan kenyataan hidup, memprovokasi audiens secara terang-terangan, menggunakan para penampil (performer) berkualitas rendah dan mereorganisasi (atau mendisorganisasi) secara drastis kemapanan gaya hidup. Para penganut awal kedua aliran tersebut juga meyakini satu hal, bahwa hebohnya penampilan (appearances) harus disertai dengan hebohnya pemikiran (ideas).

Punk selanjutnya berkembang sebagai buah kekecewaan musisi rock kelas bawah terhadap industri musik yang saat itu didominasi musisi rock mapan, seperti The Beatles, Rolling Stone, dan Elvis Presley. Musisi punk tidak memainkan nada-nada rock teknik tinggi atau lagu cinta yang menyayat hati. Sebaliknya, lagu-lagu punk lebih mirip teriakan protes demonstran terhadap kejamnya dunia. Lirik lagu-lagu punk menceritakan rasa frustrasi, kemarahan, dan kejenuhan berkompromi dengan hukum jalanan, pendidikan rendah, kerja kasar, pengangguran serta represi aparat, pemerintah dan figur penguasa terhadap rakyat.

Akibatnya punk dicap sebagai musik rock n’ roll aliran kiri, sehingga sering tidak mendapat kesempatan untuk tampil di acara televisi. Perusahaan-perusahaan rekaman pun enggan mengorbitkan mereka.

Gaya hidup ialah relatif tidak ada seorangpun memiliki gaya hidup sama dengan lainnya. Ideologi diambil dari kata “ideas” dan “logos” yang berarti buah pikiran murni dalam kehidupan. Gaya hidup dan ideologi berkembang sesuai dengan tempat, waktu dan situasi maka punk kalisari pada saat ini mulai mengembangkan proyek “jor-joran” yaitu manfaatkan media sebelum media memanfaatkan kita. Dengan kata lain punk berusaha membebaskan sesuatu yang membelenggu pada zamannya masing-masing.

Punk dan Anarkisme

Kegagalan Reaganomic dan kekalahan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam di tahun 1980-an turut memanaskan suhu dunia punk pada saat itu. Band-band punk gelombang kedua (1980-1984), seperti Crass, Conflict, dan Discharge dari Inggris, The Ex dan BGK dari Belanda, MDC dan Dead Kennedys dari Amerika telah mengubah kaum punk menjadi pemendam jiwa pemberontak (rebellious thinkers) daripada sekadar pemuja rock n’ roll. Ideologi anarkisme yang pernah diusung oleh band-band punk gelombang pertama (1972-1978), antara lain Sex Pistols dan The Clash, dipandang sebagai satu-satunya pilihan bagi mereka yang sudah kehilangan kepercayaan terhadap otoritas negara, masyarakat, maupun industri musik.

Di Indonesia, istilah anarki, anarkis atau anarkisme digunakan oleh media massa untuk menyatakan suatu tindakan perusakan, perkelahian atau kekerasan massal. Padahal menurut para pencetusnya, yaitu William Godwin, Pierre-Joseph Proudhon, dan Mikhail Bakunin, anarkisme adalah sebuah ideologi yang menghendaki terbentuknya masyarakat tanpa negara, dengan asumsi bahwa negara adalah sebuah bentuk kediktatoran legal yang harus diakhiri.

Negara menetapkan pemberlakuan hukum dan peraturan yang sering kali bersifat pemaksaan, sehingga membatasi warga negara untuk memilih dan bertanggung jawab atas pilihannya sendiri. Kaum anarkis berkeyakinan bila dominasi negara atas rakyat terhapuskan, hak untuk memanfaatkan kekayaan alam dan sumber daya manusia akan berkembang dengan sendirinya. Rakyat mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa campur tangan negara.

Kaum punk memaknai anarkisme tidak hanya sebatas pengertian politik semata. Dalam keseharian hidup, anarkisme berarti tanpa aturan pengekang, baik dari masyarakat maupun perusahaan rekaman, karena mereka bisa menciptakan sendiri aturan hidup dan perusahaan rekaman sesuai keinginan mereka. Punk etika semacam inilah yang lazim disebut DIY (do it yourself/lakukan sendiri).

Keterlibatan kaum punk dalam ideologi anarkisme ini akhirnya memberikan warna baru dalam ideologi anarkisme itu sendiri, karena punk memiliki ke-khasan tersendiri dalam gerakannya. Gerakan punk yang mengusung anarkisme sebagai ideologi lazim disebut dengan gerakan Anarko-punk.


Keep Rockin Guys!!!

84 Comments

  1. WOI…………..

    pa kbr lo semua anak punk

    clam knal…………

    • oi oi oi oi oi jga bro

  2. untuk para pengkhianat punk….
    angan kau kacaukan punk di kota malang….
    kami selalu setia pada generasi punk berikutnya….
    tapa kami tidak suka PAKIAN SAJA YANG PUNK…..TAPI HATI JUGA HARUS pUNK….

    SLm UNtUk pRA M C H C kota Malang…..

    MALANG CITY HARDCORE

  3. para emo bangsat saatnya engkau harus pergi dari bumi ini!!!! Fuck emo!!!!!

    • maaf mas bukannya aku meng hina tapi katanya malang itu city hard core ( MCHC) itukan musiknya anak emo…………….aku anak emo yang dulu berhati dan berjiwa punk………tapi menurut ku emo dan punk mempunyai tujuan yang sama yaitu ingin ke bebasan……..jadi sekarang aku menjadi emo punk…..aku harap emo dan punk kota malang bersatu….kita ciptakan cerita baru dalam dunia ini bahwa emo dan punk tujuannya sama yaitu ingin kebebasan……………..jadi mari kita berdamai, bersatu untuk melawan teori-teori pemerintahan yang bangsat………( polisi bangsat, aparat keparat, militer kayak tai kucing………….)
      —-salam dari ku ize sii emo punk——

  4. emo’s suckzZ

    ok my punk friends??!!!

  5. emo suckzZ pizan hiduppunk and skin

    hidup brudak oi

  6. punk……punk…….punk and skin

  7. punk tai

  8. punten lur ieu rerencangan abdi

  9. PUNK NOT JUST MUSIC NOT JUST STYLE BUT SELF REVOLUTION FOR HUMANISM FEELINGS

  10. dsar pra2 pnguasa sllu mmntingkan nsib nya,dan tdk prnah mmbrikan yg trbaek unttuk rkyat,rsa sosialisasi sdah tak lgi dmiliki,yg kuat smkin kuat,yg lmah sllu trtindas

  11. punk…!
    duh bemanaeeee???/
    gila….
    ga suka…..

  12. Heh.. Jancok!!!
    Sapa Yg bilang Punk Tai??
    Mana Rumah Km!!!!
    BangSAT!!!!

    Punk = People United Not KriminaL!!!!!!!!!!!!!!!

    Rajai Dunia!!!!!

  13. hidup punk pink not died..

    PAYAKUMBUH PUNK COMMUNITY

  14. hidup punk,,, punk tryata byak jnisya ya, ky crust punk,hardcore punk,glam punk, the oioi punk,

  15. will drunk everyday
    punk not dead
    war error

  16. anti rasis .kami tidak mau di jajah dan tidak mau menjajah.

    kami tampil bukan hanya untuk style .
    tapi kmu jg hrus tau punk bukan hanya penampilan akan tetapi punk harus disertai hati dan jiwa apakah kmu kmu sudah mngerti apa artinya??

    LITTLE MADOT

    BANDUNG

  17. salam untuk smua komunitas punk

    kapan kapan maen ke bandung

    OK COYYYYYYYYYYYYYYY ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  18. JANGAN KAU PERMALUKA PUNK DI KOTA KAMI

    BAGI KALIAN PUNK YANK TIDAK MENGERTI APA ARTI PUNK SEBENARNYA

    TAPI KALIAN HARUS INGAT, PUNK ADA BUKAN HANYA UNTUK MENONJOLOKAN PENAMPILANNYA SAJJA .

    KALIAN JUGA HARUS TAU APA ARTI PUNK???

    OK COY ^^

    DAN INGAT JUGA SEPERTI KATA PENDAHULU KAMI ” KAMI TIDAK PERNAH HIDUP DI JALANAN, TAPI KAMI BERGERAK DAN BERJUANG DI JALANAN ”
    ” THIS IS A VOICE ON THE STREET “

  19. wEe,,.tRnYatA pUnK 7 kREen b6T y,.?,

  20. bWaT,,,sMwA PunK CMMUNItY…..

    “jANgAN dENgAR’in kTa mReKa”…

    By :Balthazar’s PASAMAN BARAT

  21. dlm kemajuan jaman yang semakin maju ini, marilah kita berjuang untuk memperbaiki kehidupan di negara inii……

  22. MANK ADA IIA EMO PUNK..?????
    PUNK NTU AD BRP MACAM’A C…???
    ADA YG BISA NGEJLASIN GA IIA…????

    • au uga teu pa2 brr0w, eh slam bwat pra punk !!!

      punk not dead

  23. W NTUU STREET PUNK…..
    W BINGUNG MA PNILAIAN MASYARAKAT TERHADAP STREET PUNK,,,,,,,
    BNYK PENILAIAN,,STREET PUNK NTU GEMBEL,,,??????
    IY OR TIDAK,,,,,,,
    TIDAK…..!!!!!!!!!

  24. PUNK NOT DEAD………
    CHEERS AND OI . . OI . .

  25. kalo saya baca sejarah punk di atas kayaknya kurang lengkap, setau saya (walopun saya bukan (meminjam istilah di atas) punker, tapi saya kagum sama perjuangan punk) punk dimulai waktu jaman Reinassance. Karena banyaknya aturan waktu itu, timbullah kaum “pemberontak” (in a good way) yang menentang aturan2 pemerintah saat itu. Kaum inilah kaum punk yang menyuarakan nurani mrk lewat kebebasan, yg memperjuangkan nasib masyarakat sekitarnya melalui beragam cara, salah satunya lewat pakaian, gaya hidup dll. Mrk menentang kaum2 oportunis yg semakin kaya waktu itu, sdgkan kaum miskin semakin hidup susah di saat itu. Di jaman itu pula, mrk menentang revolusi industri besar2an, krn mengurangi jatah taman kota (kurangnya penghijauan), akhirnya kaum punk mencat hijau rambut mrk dg tujuan “menghijau”kan kota. Di jaman skrg, makna punk diidentikkan dengan kekerasan, kriminal dll. Pdhal mnrt saya itu cuma dilakukan oleh oknum2 yg cuma mengadopsi gaya hidup punk secara partial. Pakaian mrk saja ala punk. Betul kata teman2 di atas, punk ga cuma masalah mode (Agnes Monica pun mengadopsi pakaian punk, tapi gaya hidup?? Benar2 mapan), tapi masalah gaya hidup, pemikiran, perjuangan. Walopun saya bukan punker, tapi saya salut dengan anda2 para PUNKER SEJATI. I salute u, teruskan perjuangan, walopun kita tau hidup di jaman skrg susah untuk tetap mempertahankan gaya hidup punk… Maaf jika ada salah2 kata…

  26. Btw, mohon maaf mengkoreksi sedikit… Dalam bahasa inggris, arti punk adalah anak2 berandal (yg ini gw ga setuju), pemberontak (kalo diartikan baik, gw setuju). Jadi dg menyebut punk saja, sebenarnya sudah berarti anak/orang. Tidak perlu menambahkan -er di belakang (punker).
    Bergerak dan berjuang di jalanan, i salute u…

  27. lam kNal WaT pUnK se inDoNesIa……

    • slam knal jgA bRoW…

  28. Go Straight Edge……………..Keep Punk but still clean….

    FUCK kapitalism…….

  29. oi oi ???????

    slm knl buat nak2 punk seluruh indonesia??????

    tak terkecuali,!!!!!1

    q nak punk solo??????

  30. jangan dengerin kata mereka yang bilang punk adalah ”sampah masyarakat”

    PERSETAN OMONGAN ORANG Oi,,,,oi,,,,!!!!!!!!

  31. slm peace buat punk klaten by landak
    punk not dead
    love ladies punk

  32. slm peace buat punk klaten by landak
    punk not dead
    love ladies punk
    buat anak punk di dunia tunjukan bahwa punk punya masadepan

  33. buat punk di indonesia kpn main lagi di jateng khususnya di daerah jogja dan klaten “slm knal landak punk pojok alun2

  34. buat anak punk landak pojok alon2 bsok rabu ngepank g

  35. slm knl gua EMPEX anak punk klaten,slm buat WB kibarkan bendera GASAK,satukan barisan hancurkan REGGEA,buat pemerintah Indonesia jngan hancurkan STREET PUNK.

    ”F U C K D E V E R M E N T”

    ”P U N K IS N O T D E A D”

  36. slm peace buat punk klaten yg ska sken di alun2 n untk pp ngarit wae
    we are punk mania
    ilove ladies punk klaten

  37. punk rock !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! SUCK EMO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!ANJINK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!PUNK ROCK LOVE HATE LOVE?????????????????????????????????????????????????????????

  38. WE ARE FRIENDS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! MARI KTA LAKUKAN(D.I.Y)……………….

  39. 0y 0y 0y 0y……………. sL4m punK
    jik4 u mra5a punk,,, u bktikan dn9an k3nyata`n
    jn94n cUma mn4n9 sTiL d04n9!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  40. 0y…0y…0y…0y…0y sL4m pUnk
    nm4 w T4hLim,,, kT4 9Uru 9w kL0 di j!T4k jDi 4L!m
    nm4 5m4r4n 9w !c0uL,,, 0r4n9 bL4n9 9w cuLun
    p4d4h4L j!w4 w pUnk…………………………………….

    ThE c4r0x c!Ty PR!0EK, j4k4rT4 0eT4r4

  41. if the kid are united,they will never be devided

  42. hidup punk……..

    punk is the best……….4eVer…………

    not emo……….

    fuck emo………..

    anjing emo…………

    marozztt punk community…( MPC )

  43. punk tai,
    jangan rusak idup adek gue T.T

  44. kibarkanlah bendera hitam dan tanamlah benih-benih dari nenek moyang..
    jagalah sejarah mereka dengan baik,karena kita adalah generasi muda mereka..
    salam dari gue,ank punk di sidoarjo..
    rumah gue di tas 3 sidoarjo,blok K-8 NO 21..
    nama gue irfan..
    ini no gue 087851137571..
    klo mau cari gue,hubungi no di atas..
    salam oi..oi..

  45. bangsat lo blang punk tai,,,,lo tu yang tai.
    perek lo anjing………….//////////////////////////////////////////////////////////gw punk payokumbuah

  46. punk not dead

  47. ORIGINAL PUNK IS DEaD, melihat perkembangan, kalian mau gak mau akan setuju dengan kata ini.. kesenjangan yang ada dalam dunia punk ckup terlihat antara para tokoh punk dan masyarakat punk, sadarlah kalian telah tereksploitasi para pemikir itu, sadar, sadrlah, befikirlah karena kita manusia, perhatikan, punk itu tidak semakin membenahi keadaan yang ada, tapi smakin membikin kacau suasana, semua konsep sesuatu yang dibangun atas dasar kebencian, iri hati dan dendam tdk akan pernaH menyelesaikan persoalan, sebagai manusia yang terlahir dibumi hijau ini, aku bersumpah: BACK TO BASIC, kembalilah kpd agama kalian, inilah konsep cinta!!! punker aku mencintaimu tapi tidak dengan konsep tak sempurnamu. kritislah dan jangan menelan mentah2 semua konsep punk itu, aku setuju bila punk hanya bersubversif terhadap kesewenang-wenagan hegemoni… kami PUNK MUSLIM, by: luthfi

  48. Salut bwt semua PUNK seluruh nusantara, mari bersama kita tumpas penindasan, katakan lawan pada setiap musuh, bangsat loe loe pejabat and aparat keparat, dimana otak loe?? gak pernah mikiran kehidupan orang2 yang termarrjinalkan, sampai kapanpun kita tetap musuh!! PEACE WITHOUT POLICE (POLICESHIT)

  49. “banyak orang yang mengira, kami orang tak berguna
    tiap hari kerjaanya, nongkrong dan mabuk2 kan
    tapi kami tak pernah perduli…
    persetan omongan orang tentang kami…
    tentang kami..

    kami bukan sampah, kami bukan buangan
    kami juga bukan penjahat…
    kami bukan sampah, kami bukan buangan
    kami juga mampu untuk bertahan…..”

    (begundal – kami bukan sampah)

    ada lagi yang mau di tanyain…???
    salam buat punkers indonesia khusus nya punkers padang..

    tetap teriakan “PADANG FOR THE PUNK”

  50. WALAU TAK BERPENAMPILAN PUNK….JIWA GW DAH MENGALIR DARAH PUNKKKKKKK …

  51. punk kan truzz b’kibar………

  52. hidup punk and skin. .

    emo anjink. . fuck emo. . emo tai. .

    “punk adlah smpah. . punk adalah buangan. . punk adlah kaum yg tertindas. . punk adalah kaum buangan. . ”

    lurdh. . mendingan lo kgak usah dgrin apa kta mreka. . cOz mrekalah yg smpah. . mrekalah buangan, , mreka lah kaum yg tertindas dan mreka juga lah yg kaum buangan. .

    ktakan lawan dan mri brontak. .

    slam punk bwt smua nya dri cimot cc’ladiez punk. . cri ajj gw di fb bbah_ddu@yahoo.com . . thank bwt smuanya. .

    cheers up oi!. . oi!. . oi!. .

    • hidup punk hidup skin head. kita semua sama tak ada yg berbeda. mari kita lawan kemiskinan dan penindasan di negeri ini <<<<>>>>

  53. bwat smua punk jangan perna ada kata menyerah ok????????????????????
    dan bwat para emo
    fuck emo’s

  54. oi..oi…jancuk!!!! spo seg gelokne punk??bagsat”

  55. Oi…oi
    buat smua
    anak punk
    indonesia
    salam dari
    para punkers
    d makassar

    n buat
    smua anak
    emo
    anjing kalian
    smua
    n buat
    polisi
    fuck the
    polisi

    oi..oi..
    Sampai maTi

  56. hy nak punk……… di slruh indonesia pa kabar
    punk adalah gaya hidup q n’ punk adalah semangat jiwa raga q
    hidup pank indonesia

  57. ……”_satukan barisan kepalkan tangan mari kta lnjak sgla ksombngn&keangkuahn
    slam knl LANDAK PUNK KLATEN

  58. Punk rock gw suka banget om

  59. oi…oi….
    hidup pra PUNKER indonesia

  60. oi……..oiiiiiiiiiiii.oi…………….oi,,,,,,,,,,,,,,,
    hidup anag punk………………
    menjadi anag punk sesuatu yang menjadi pendoman hidup untuk menjadi seseorang yang bisa melakukan sesuatu yang mungkin seseorang tag bisa melakukannya……………
    .karena anag punk merupakan sebuah geng yang mencari jati diri mereka,..
    dengan menjadi anag punk kita bebas melakukan sesuatu yang kita cari………
    oi…………oi……………oi…………..oi
    jadi lacg anag ounk yang bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa di lakukan oleh semua orang//////////////>>>><<

  61. jng dengerin mereka kta mereka punk anak brandalan dan anak bajingan,,dan salam anak punk klaten..q jg anak punk dari solooooooooooooo……

  62. qmi..dri anak – anak punk klaten. qmi akan memeberantas poison yang ada di klaten. karena qi tdk suka dg poison.qmi akan memberantas anak2 yang terlalu bajingan,.salam…buat punk klaten……………………………..?

  63. nak punk kt harus maju jangan tkt ma satpolpepe. biar gue nggk nak punk gue nak emo tp gue bangga ma nak punk gue fens nak punk

  64. salam buat anak punk indonesia………….

  65. klo lu ank ngGfnZ ma nk pUnK mboten usah dadi emo nGertZ mBah… ???

    punk not dead

  66. yeah ! i like it !!!!!!!!!!!!!!!!!!

  67. cm mo tnya..
    istilah bwt cew yg satu2Ny bareng dlm 1 klompok punk itu namaNy ap y??tnx bwt jwbnNy…
    salam Oi..Oi…

  68. punk bkan lah fasion smata’
    n bkan kriminalitas.

    ‘i like punk’

  69. Oi…oi
    buat smua
    anak punk
    indonesia
    salam dari
    para punkers
    lumajang

    n buat
    smua anak
    emo
    anjing kalian
    smua
    n buat
    polisi
    fuck the
    polisi

    oi..oi..
    skali qtha knal slamaX qtha kawand

  70. salam dr anak anak Manado..
    punk nda akan oernah mati….. oi oi…!

  71. kalo kalian udah bener2 menanamkan PUNK dihati, pasti kalian akan mengerti apa itu PUNK.
    punk bukan sekedar gaya hidup dengan style dengan atribut menempel di baju dan celana yg mungkin hanya sebagai khiasan tanpa mengetahui arti dari atribut yg dipakai itu. Punk ga selalu harus berjuang dijalanan, punk bukan untuk minoritas, tapi punk dilahirkan untuk mayoritas.
    Anti kemapanan bukan berarti kita ga boleh hidup mapan/kaya, anti kemapanan adalah DIY (Do It Yourself) semua yg bisa kita kerjakan sendiri ya kerjakanlah jangan selalu tergantung dengan orang lain. Apakah kita ga mau selalu diperbudak? belajarlah mandiri (DIY).
    Pada intinya PUNK adalah sebuah sarana untuk menyampaikan ideologi2 yg mementingkan kepentingan mayoritas (rakyat dalam negara) shingga terjadi suatu harmonisasi sosial tanpa melihat perbedaan yg ada.

    salam hangat buat semua punker, semoga atribut punk yg kalian kenakan bukan hanya sekedar fashion/style tanpa makna. (E)

  72. Oi Oi…

    Qt Bukan sampah.
    Qt tak meresahkan.
    Qt bukan anak jalanan tpi berjuang dijalanan kauand….
    merEka yg mmandang buruk kami…merEka yg menghina kami…
    merEka yg mncaci kami….merEka yg menindas kami…
    apakah Qt hanya diam…. diam… diam

  73. ada yg taw tngal ultah nya punk g.?

    salam bwat nak punk seindonesia..

  74. oi oi oi

    kita bukan sampah
    kita tak meresahkan

    kita bukan anak jalanan
    tapi bergerak dan berjuang di jalanan
    mereka yang mencaci kita
    mereka yang menghina kita

    apakah kita hanya diam-diam

    bangkit dan berontak
    lawan segala bentuk penindasan

    o io io io io oi

  75. I LOVE PUNK INDONESIA ❤

  76. punk
    bukan kriminal.
    punk bukan dari style.
    tapi punk hadir dari hati
    dan diri kita sendiri.
    hancurkan semua system
    …yang ada.
    teruslah berkarya.jangan
    mau di perbudak oleh
    uang.jadilah diri kita
    sendiri ,jangan pernah
    menjadi diri orang
    lain.belum tentu dia lebih
    baik dari kita.
    fuck system.terus
    majuuuuuuuu pantang
    mundur.biar orang mau
    bilang apa tentang kita
    yang penting gak
    menyusahkan mereka. Oi oi oi, salam buat punkerz klaten, buat landak kapan ngumpul neh dap?

  77. nu penting mah
    punk not dead ,,
    lain kitu
    cus …ehh cuyyyy hidup punk rock

    uloh cadas

  78. ORIGINAL PUNK IS DEAD? hahaha setuju banget oi . . . .
    STREET PUNK IS OVER . . . .
    ini indonesia yg udah merdeka bung, bukan di inggris yang pake raja!
    setiap orang berhak jadi pemimpin, ga butuh dari keturunan raja ato sampah sekalipun… semua bisa!
    “mari kita lawan kemiskinan dan penindasan” cuma pake modal gerakan jalanan? nongkrong n mabuk2-an? just show your style? = BULLSHIT, malah memperparah..
    “we can do it our selves” = junjung tinggi semangat hidup kebersamaan, kemandirian dan kesederhanaan… equality sampai mati…
    itu yang sekarang kebanyakan ga di pake, padahal itu yang paling penting oi..
    anti kemapanan = bukan berarti kita ga boleh mapan, tp kita masih punya semangat hidup meski tanpa harus mapan, pake KESEDERHANAAN.
    kalo lo bergerak di jalanan dan cuma hidup pake minta2 sama kaum kapitalis yang lo maki2, berarti lo cuma bikin sampah di dlm nama punk tu sendiri dan semangat KEMANDIRIAN ga ada dlm diri lo, dan gmn lo mau lawan kemiskinan?
    tapi kalo lo mau pake modal smart n creative thinking n kerja keras, lo bisa berkarya n ngatur hidup lo bahkan orang lain bahkan jadi pemimpin sekalipun… asalkan semangat EQUALITY masih lo pegang, maka penindasan gampang lo lawan . .
    n karya yg lo bikin akan jadi karya yg lebih besar . . .
    kalo lo cuma bisa maki2, berarti perlawanan lo terhadap mereka percuma, karena mereka orang tuli dungu.. dan akhirnya lo cuma jadi anak kecil yang merengek2 minta uang jajan . . .
    ini cuma gambaran biar lo pada mikir biar kita pake idealis tapi tetep realistis dalam negara yang udah lama merdeka ini . . .
    style punk tetep gw pake, tapi ideologi tetep paling utama..!

    who ‘m I?
    we are ABSOLUTE PUNK DEVELOPER

  79. makasih udah menambah wawasan


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment